RSS

Senin, 08 Oktober 2012

Matamu kedutan?

Mata kedutan apa benar akan menagis atau ada yang kangen?
Kedutan pada mata biasa dialami oleh siapa saja. Mitos yang sering kita dengar jika mata kedutan karena ingin menangis atau ada yang kangen. Mata kedutan biasanya terjadi dalam beberapa detik kemudian hilang lagi dan akan datang kembali.
Dr. Karen Wolfe penulis buku ‘Create The Body Your Soul Desires’ mengatakan bahwa mata kedutan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang mengalami gangguan ringan.
Kedutan pada mata terjadi karena adanya kontraksi otot tak terkontrol yang menyebabkan kontraksi sekitar mata. Jika Anda terus-menerus mengalami mata kedutan tanpa henti, bisa jadi merupakan gejala gangguan saraf. Dalam istilah medis disebut Blepharospasm (Beb)
Stres, kurang tidur, atau atau berada didepan computer dalam waktu yang lama merupakan penyebab mata kedutan. Cara paling efektif menghilangkannya denga beristrahat.
Menurut Burt Dubow, OD, FAAO, pakar mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association, kedutan bukan masalah medis yang serius. Kedutan adalah kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi.

Kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat.
Kedutan dianggap berbahaya jika kejadiannya berlangsung secara terus menerus dan dalam waktu lama atau gerakannya tidak bisa diobati.
Pengaruh alergi, kafein, alcohol, dan nutrisi yang tidak seimbang juga merupakan penyebab mata cedutan.
Jadi mata cedutan bukan karena alasan mitos yang sering kita dengar, karena ingin menangis atau ada yang kangen.
Source : ummuhanik.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar