RSS

Jumat, 19 Oktober 2012

Manfaat jatuh cinta bagi kesehatan


 

Semua orang tentu pernah merasakan jatuh cinta. Namun, mungkin tak banyak orang yang mengetahui bahwa jatuh cinta juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat jatuh cinta bagi kesehatan Anda, berdasarkan Times of India.
1. Anda merasa hebat!
Jatuh cinta akan membuat otak Anda menghasilkan banyak dopamin, hormon bahagia yang membuat Anda merasa senang, tenang, dan optimis. Dopamin akan memberikan Anda banyak energi untuk melakukan banyak hal. Tak hanya membuat Anda merasa lebih bugar, dopamin juga membuat Anda bahagia.
2. Menurunkan berat badan
Saat jatuh cinta, Anda akan memompa norepinephrine secara terus-menerus. Senyawa ini akan memproduksi adrenalin yang membuat Anda tidak nafsu makan. Jika Anda sedang berdiet, maka jatuh cinta akan membuat diet Anda terasa lebih ringan dan tidak menyiksa.
3. Meningkatkan kesehatan otak
Tampaknya kalimat "Bodoh karena cinta' terbukti tidak benar. Peneliti di University of Pavia menemukan bahwa jatuh cinta bisa meningkatkan kadar hormon yang membantu meningkatkan memori dan pertumbuhan sel otak.

4. Tampak lebih muda
Jatuh cinta bisa membuat tubuh Anda menghasilkan oxytocin. Zat ini dibutuhkan untuk melepaskan DHEA, sebuah hormon anti-penuaan yang meningkatkan peremajaan kulit dan sel-sel tubuh.
5. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sedang jatuh cinta atau memiliki hubungan romantis memiliki tingkat kematian 1/3 lebih rendah dibandingkan dengan orang lajang. Jatuh cinta atau memiliki hubungan romantis bisa mencegah Anda memproduksi hormon stres (cortisol) secara berlebihan. Karena hormon cortisol sangat berbahaya bagi kesehatan jantung, ini berarti bahwa jatuh cinta juga memperkecil kemungkinan Anda terkena stres dan penyakit jantung.
Itulah manfaat jatuh cinta bagi kesehatan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan cinta di luar sana!

0 komentar:

Posting Komentar